asrama dan pendidikan

Kata “asrama” bagi kebanyakan dari kita mungkin lebih terasosiasi dengan pendidikan, entah itu sekolah umum atau perguruan tinggi, mungkin karena kata asrama lebih melekat pada proses pendidikan.

Kini banyak institusi pendidikan yang membangun asrama untuk memudahkan siswanya mulai dari pesantren hingga perguruan tinggi. Asrama sebagai tempat tinggal temporer, tidak lagi dipandang karena kepraktisan sebagai tempat tinggalnya saja, tanpa disadari juga memiliki makna sebagai proses pendidikan tersendiri dan bahkan dapat dijadikan indikator kualitas pelayanan institusi pendidikan tinggi dalam menyediakan social environtment kampus yang baik.

Ketua umum Sarjana Pendidikan Indonesia, Soedjiarto, baru-baru ini mendengungkan wacana calon guru seharusnya tinggal di asrama sebelum mengajar siswa. Tujuannya untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab dan perasaan santun kepada setiap calon guru. Sistem ini pernah diterapkan pada tahun 50-an.

Asrama dengan struktur organisasi asrama yang biasanya terdiri dari pemimpin, pembimbing, serta pengawas asrama akan menumbuhkan sikap tanggung jawab pada setiap anggotanya. Tinggal bersama di asrama juga menuntut para penghuninya untuk bersikap santun dan memahami satu sama lain.

Dengan frekuensi interaksi antar penghuninya yang padat tentu akan tumbuh semacam ikatan sesama penghuni asrama. Tempat tinggal yang sama mungkin dasar utama, kepentingan bersama adalah hal yang lain. Ikatan yang Iowie sebut “himpunan miniatur”.

1 Response to “asrama dan pendidikan”


  1. 1 asep usamah Februari 11, 2010 pukul 5:06 pm

    Ass ….

    Kang, aku lg nyusun ne dlm rangka menyelasaikn studi S2, kbtulan judul tesisx ttg boarding school. Barangkali akang punya bnyak referensi ttg itu ….

    D’tunggu infox y kang, syukron ….

    Wassalam …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: