kios three-in one

 Departemen tenaga kerja bekerja sama dengan Departemen pendidikan nasional membentuk program kios three in one yang sejak tahun lalu sudah berjalan di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia.

kios three in one merupakan pusat informasi ketenaga kerjaan di beberapa universitas negeri dan swasta. Program ini mengintegrasikan pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja. Program ini diharapkan menjamin terciptanya tenaga kerja terampil, bersertifikat dan dapat terserap pada lapangan kerja yang tersedia.

saat ini perhatian penempatan para calon tenaga kerja terpusat pada sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja seperti pertanian, jasa dam industri.

Tahun lalu program ini berhasil membantu 1,9 juta penganggur mendapat pekerjaan dan tahun ini ditargetkan 2,5 juta penganggur mendapat pekerjaan.

Penyerapan tenaga kerja sebenarnya amat tergantung pada kondisi makro ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi (asumsi APBN 6,8%) dan realisasi investasi. perkembangan  bidang makro ekonomilah yang lebih berperan dalam penyerapan tenaga kerja.

   Walaupun bukan bagian integral dari kurikulum perguruan tinggi, program ini mungkin mampu mengiring paradigma sistem pendidikan ke arah yang lebih job oriented.

1 Response to “kios three-in one”


  1. 1 lucky Agustus 24, 2012 pukul 7:17 pm

    dampaknya terhadap pertumbumhan apa ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: