Social security sektor informal; Kenapa tidak tukang ojek ikut JAMSOSTEK?

img_1600.jpgSetiap pegawai negeri pasti punya kartu ASKES.  setiap orang yang bekerja di institusi atau perusahaan berbadan hukum pun hampir semuanya punya asuransi kerja yang biasanya melalui JAMSOSTEK. Memang hampir semua pekerja sektor formal ternaungi asuransi kerja. lalu bagaimana dengan kita yang bekerja sebagai pedagang kelontong, tukang ojek, kuli bangunan maupun pengusaha UKM yang masih tergolong sektor informal?

Social security sektor informal agaknya perlu segera direalisasikan mengingat besarnya jumlah pekerja di sektor ini yang mencapai 60% dari total jumlah seluruh angkatan kerja di Indonesia. ILO (International Labour Organization) menyebutkan dari total 92 juta jumlah pekerja di Indonesia, 59 juta diantaranya bekerja di sektor informal baru 23,5 juta lagi di sektor formal. Dengan progran social security, sektor informal diharapkan tidak lagi khawatir soal perlindungan kerja.

Kesulitan yang pasti dihadapi dalam penerapan program ini adalah jumlah sektor ini yang tidak terdata dengan pasti dan tidak terikat pada suatu lembaga seperti yang selama ini disyaratkan lembaga asuransi seperti JAMSOSTEK . solusinya, para pekerja sektor ini haruslah tergabung dalam sebuah asosiasi semacam serikat pekerja. Asosiasi inilah yang nantinya akan bertanggung jawab mendaftarkan anggotanya ke JAMSOSTEK.

Sektor formal pun sebenaranya bukan tanpa masalah dalam perlindungan kerja para pegawainya, lemahnya penegakan hukum bagi perusahaan untuk mewajibkan mereka mendaftarkan para pekerjanya kepada JAMSOSTEK menyebabkan baru sepertiga dari 23,5 juta total pekerja sektor formal yaitu baru 7,7 juta orang.

1 Response to “Social security sektor informal; Kenapa tidak tukang ojek ikut JAMSOSTEK?”


  1. 1 infogue April 10, 2008 pukul 2:50 pm

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/ocial_security_sektor_informal_kenapa_tidak_tukang_ojek_ikut_jamsostek_/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: