Revisi terbatas UU No. 32 th 2004; calon perseorangan kini bisa bertarung dalam Pilkada

DPR kemarin melalui rapat paripurna secara aklamasi mengesahkan perubahan terbatas Undang-undang Pemerintah daerah terkait dengan calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah. Revisi ini sesuai dengan putusan judicial review Majelis Konstitusi nomor 5 tahun 2007.

keputusan  judicial review MK sifatnya bukanlah sebagai Undang undang maka teknis pelaksanaan calon perseorangan untuk maju dalam PILKADA bergantung DPR dan Pemerintah yang lalu lebih memilih merevisi Undang undang daripada mengeluarkan Perpu. Revisi terbatas Undang undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah ini menggunakan hak inisiatif DPR sesuai rapat paripurna 16 agustus 2007.

Revisi ini mulai berlaku bagi PILKADA yang belum masuk penetapan calon ketika disahkan Presiden. Saat ini di Jawa Tengah dua orang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah melalui mekanisme independen. Sri Susahid dan Sujianto, dua orang bakal cagub Jawa Tengah, menyatakan telah siap melampirkan 1,5 juta KTP sebagai bukti dukungan.

Peluang calon perseorangan memenangkan pemilihan kepala daerah tidaklah kecil. Di Aceh, sejak Undang undang pemerintahan Aceh disahkan, 9 dari 20 pemilihan kepala daerah dimenangkan calon Independen. 

0 Responses to “Revisi terbatas UU No. 32 th 2004; calon perseorangan kini bisa bertarung dalam Pilkada”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: