Booming ekonomi China dan sosialisme yang disesuaikan dengan keadaan

Pertumbuhan ekonomi China sungguh menakjubkan. Selama empat tahun antara 2002 sampai 2006 prosentase GDP China naik dari 4,4% menjadi 5,5% dan secara dramatis menyalip Inggris dan Prancis ke peringkat 4 klasemen kekuatan ekonomi dunia berdasar GDP.

Setiap tahun, semakin banyak penduduk China yang masuk daftar tahunan orang terkaya Forbes. Pendapatan keluarga di China meningkat tajam, kian banyak orang yang pindah dari pedesaan ke kota sehingga mengakibatkan permintaan rumah melonjak tinggi. Dalam delapan tahun terakhir, harga properti naik 5 kali lipat. Usaha pemerintah China untuk menekan tingginya harga properti dengan mengeluarkan banyak peraturan namun semuanya hanya berlaku sesaat. Namun banyak juga yang mendapat keuntungan dari Kenaikan harga properti di China, banyak orang orang kaya baru yang muncul dari fenomena ini. Orang terkaya China versi Forbes Yang Huiyan misalnya, diuntungkan berkat penjualan saham perdana (initial public offering) bisnis propertinya.

Tahun ini China bersiap menyelenggarakan hajatan besar, olimpiade. meski sedikit terkendala ancaman boikot terkait masalah Tibet, momen ini kembali mengukuhkan supremasi  ekonomi China. 

Booming ekonomi yang dialami china sebenarnya tidak lepas dari paham komunisnya yang unik bahkan sudah sulit dikatakan lagi sebagai komunis atau bahkan Maois. Komunisme China merupakan komunisme pancapilar Marxisme, Leninsme, Maoisme, Dengisme, Jiangisme, dan kini Huisme.

Ajaran mao zedong telah membuat komunis tiongkok dinggap tidak orisinil lagi oleh USSR. Dengisme oleh Deng Xiaoping yang menitik beratkan pada pragmatisme ekonomi membuat kian jauh lagi. Jiangisme yang memasukkan unsur pengusaha sebgai sokoguru ketiga dalam komunisme China setelah buruh dan tani membuatnya tak layak lagi disebut komunis.Doktrin yang dibawa Jiang Zemin telah membawa China sebagai calon kekuatan ekonomi terbesar dalam 50 tahun kedepan.

Kemajuan ekonomi China yang pesat bukan tanpa dampak, kesenjangan di China antara kaya dan miskin serta antara kota dan desa semakin lebar. Indeks gini China sekarang telah mencapai 4,75 jauh diatas  nilai normal negara negara sosialis-komunis yang berkisar 2,5 bahkan jika sampai melampaui nilai indeks 6, revolusi sosial bisa saja terjadi. Kesenjangan ekonomi, tinginya tingkat pengangguran, penanganan buruh migran yang buruk kini menjadi isu nasional di China.

China sedang meletakkan dasar untuk menjadi negara modern dan sebagai respon atas oposan kiri yang ingin kembali ke komunis murni Hu, dalam kongres partai komunis China ke 17 oktober 2007, berencana melakukan pembaharuan doktrin komunisme yaitu penambahan satu doktrin lagi, komunisme China adalah juga komunisme yang membangun negara berdasarkan konsep ilmiah. Hasil kongres ke 16, 6 tahun lalu, diputuskan komunisme China adalah “komunisme tiga kaki”.

Perubahan pertama anggaran dasar partai dilakukan pada tahun 1997 oleh Jiang Zemin yang menetapkan tafsir resmi teori Marxisme serta doktrin Mao Zedong dan menyesuaikan dengan pemikiran Deng Xiaoping. Lima tahun setelahnya, pada kongres selanjutnya, pengusaha disahkan sebagai anggota partai dan harus memiliki wakil di politbiro.

Kongres partai pada tahun 1992 menggariskan secara formal sosialisme Republik Rakyat Tiongkok sebagai “sosialisme yang disesuaikan dengan keadaan di China”

3 Responses to “Booming ekonomi China dan sosialisme yang disesuaikan dengan keadaan”


  1. 1 asuka17 April 4, 2008 pukul 3:08 pm

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/masalah_politik/booming_ekonomi_china_dan_sosialisme_yang_disesuaikan_dengan_keadaan/

  2. 2 suraya Januari 12, 2009 pukul 5:28 pm

    kalau boleh diterangkan lagi, apakah contoh-contoh kes tentang ekonomi negara china dan apakah penyelesaian yang diambil?.

  3. 3 flora Maret 23, 2009 pukul 7:26 pm

    sy kena buat research tntang budaya asal masyarakat di china dan India dan adakah ia diserap ke dlam malaysia???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: