corporate social responsibility

Tanggung jawab korporasi terhadap pembangunan daerah dan penduduknya merupakan tanggung jawab yang tidak kalah pentingnya dari tanggung jawab untuk memaksimalkan keuntungan. (Soemarwoto, 2007)
Peran korporasi dalam pembangunan tidaklah sebatas dalam sirkulasi resmi rkonomi dengan semata-mata menghasilkan produk. Ada peran sekaligus kewajiban lain yang melekat yaitu memberdayakan masyarakat.
Pemerintah mengatur hal ini dengan mewajibkan perusahaan-perusahaan untuk menjalankan konsep corporate social responsibility (CSR). Undang-undang nomor 40 tahun 2007 menjabarkan dengan jelas definisi, aturan serta sanksi bagi perusahaan yang tidak menerapkan CSR.
Implementasi CSR tidak hanya membawa manfaat jangka pendek tapi juga jangka panjang bagi perusahaan. CSR juga secara tidak langsung juga mendorong dan mendongkrak kinerja perusahaan.
CSR dapat diterapkan beragam dan spesifik. seperti taman Bungkul di Surabaya yang di pasangi akses wi-fi oleh PT TELKOM pun dapat dikategorikan kedalam CSR. Dalam sektor pertambangan, dapat dimanfaatkan depletion cost-nya untuk program CSR. dengan menjalankan program CSR, perusahaan pertambangan dapat menghilangkan kesan eksklusif karena bidangnya yang lebih bersifat padat teknologi.
Contoh lain adalah upaya Carrefour dalam menjalankan program CSR-nya dengan membina Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dan membantu pemasarannya dengan menjual hasil produk UKM binaannya di cabang-cabang Carrefour. UKM yang dibina adalah yang terlokasi di suatu wilayah atau hampir mirip skema one village one product. Konsep ini disebut sustainable products.
Carrefour mensyaratkan mitra usaha binaannya dengan kriteria;
a) Produk harus dibuat oleh komiunitas masyarakat kurang mampu dan bukan milik perorangan,
b) Memiliki mitra yang kompeten untuk memantau kualitas dan menjamin pasokan, lebih baik jika mendapat dukungan pemerintah,
c) produknya harus memiliki prospek pasar yang baik.

3 Responses to “corporate social responsibility”


  1. 1 infogue April 10, 2008 pukul 2:47 pm

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/corporate_social_responsibility/

  2. 2 gosippemilu Mei 11, 2008 pukul 4:01 pm

    menurut saya, perusahaan mengadakan CSR hanya untuk basabasi. Ngundang media, trus acara seremonial. nggak ada bedanya ama pemerintah yang bagi-bagi BLT. malah kadang nggak jelas banget programnya.

    Belum ada perusahaan yang menjaga kontinuitas CSR mereka, kalaupun memberdayakan masyarakat, biasanya hanya sebentar. Yah, namanya juga perusahaan, kl nggak bawa untung, mana mau mereka bikin program bener.

  3. 3 petak Mei 11, 2008 pukul 7:40 pm

    CSR memang merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Pemerintah melalui UU 40 tahun 2007 mengatur dengan jelas mekanismenya, namun seperti halnya tanggung jawab yang melekat pada tiap manusia, CSR adakalanya subjektif.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: