The terminal man

hiroshi noharaPernah nonton film the terminal ? Film drama yang diperankan Tom Hanks dan Catherine Zeta-Jones ini salah satu favorit saya pas jaman kos SMA dulu. Filmnya mengharukan juga romantis. Film ini berkisah tentang Victor Navorski, yang diperankan Tom Hanks, seorang warga Negara yang saat turun dari pesawat tiba-tiba stateless dan visanya tidak berlaku lagi gara-gara negaranya mengalami semacam Kudeta yang tidak diakui dunia Internasional pas saat dia dalam pesawat.

Kisah seperti ini ternyata tidak berlaku Cuma di film, entah karena terisnpirasi dengan film besutan sutradara Steven Spielberg ini atau tidak, Hiroshi Nohara seorang warga Negara Jepang memilih tinggal di bandara Internasional Benito Juarez di Mexico City.

Pria jepang ini sudah tiga bulan tinggal di terminal 1 bandara Benito Juarez sejak 2 September lalu. Berbeda dengan cerita di Film yang memilih tinggal di bendara karena memang terpaksa, Hiroshi mengaku tidak punya alasan kenapa dirinya memilih tinggal di bandara. Pria asal Jepang ini niatnya sebenarnya hanya ingin berwisata bahkan kedatangannya itu hanya membawa visa untuk turis.

Hiroshi tidak sedramatis tokoh Victor Navorski di film untuk bertahan hidup di Bandara. Hiroshi bertahan hidup dari bantuan dan belas kasihan dari para penumpang dan juga gerai makanan cepat saji yang ada disana.

Dia juga tidak sedang jatuh cinta dengan seorang Pramugari cantik seperti halnya kisah di film. Tapi yang jelas Hiroshi tiba-tiba jadi “selebriti bandara”. Banyak turis berhenti sejenak hanya untuk mengambil gambar dirinya atau juga minta tanda tangannya.

Pihak berwenang sendiri tidak bisa begitu saja memaksa Hiroshi pergi dari bandara . Sebab, dia datang ke Meksiko secara legal dan memiliki dokumen lengkap. Satu-satunya jalan hanyalah menunggu sampai masa berlaku visanya habis bulan Maret.

Aku gak mengerti kenapa aku bisa ada di sini.Aku gak punya alasan. Hidupku adalah Terminal 2” ujarnya kepada The Associated Press.

13 Responses to “The terminal man”


  1. 1 manztea Desember 7, 2008 pukul 9:16 pm

    Beuh …. kalo di terminal Indonesia dah digusur Satpol PP tuh
    aya aya wae heu heu….🙂

  2. 2 chibinekobe Desember 7, 2008 pukul 9:27 pm

    wah…tinggal di bandara😀
    kayaknya susah tuh…ntar kalo tidur dimana ya..??😛

  3. 3 aRuL Desember 8, 2008 pukul 1:12 am

    iyh benar kata manztea,bakalan diusir.. yang jelek2 aja kadang dicurigai.. hehehe

  4. 4 tuyi Desember 9, 2008 pukul 10:00 am

    Tak…seneng kisah romantis ya…?

  5. 5 FaNZ Desember 9, 2008 pukul 12:34 pm

    enak tuh jadi seleb bandara hahahah

  6. 6 edy Desember 10, 2008 pukul 7:25 am

    dah jarang nonton pelem, walopun tom hanks favorit saya

  7. 7 Yari NK Desember 10, 2008 pukul 11:11 am

    Wah… kalau terminalnya bandara internasional sih nggak apa2, asal jangan terminalnya terminal bis macam Leuwigajah di Bandung ini, bakalan sengsara. Pramugari cantik nggak ada, yang ada cuma WC bau pesing pulak… huahaha….😀

  8. 8 Humor lucu Desember 12, 2008 pukul 12:10 am

    ada yg punya film gratisannya alias ********

  9. 9 welly Desember 12, 2008 pukul 1:20 am

    dah lama nggak nyewa film nih..dah ketinggalan kali ye.??

  10. 10 petak Desember 15, 2008 pukul 1:12 am

    @ Manztea
    kalo di terminal Indonesia
    Nohara mungkin sudah jadi gelandangan om
    bukan artis

    @ chibinekobe
    asal ga tidur di bagasi pesawat
    kira2 Dya masi bisa tinggal di bandara😀

    @ arul
    kalo di terminal si bisa om arul
    bandara khan masuk kawasan khusus

    @ tuyi
    Ding..dong
    betul om,

    @ fanz
    bisa masuk IMPOTEINMEN:mrgreen:

    @ Edy
    tapi sudah khatam Die Hard 1-4 khan om?

    @ Yari NK
    “Pramugari cantik nggak ada, yang ada cuma…”
    kernet bau *esing

    @ Humor lucu
    kebetulan ni om
    disini bukan rentaan kaset😀

    @ welly
    kalo dicari si dijamin ga bakalan nyesel nontonnya

  11. 11 haris13 Desember 23, 2008 pukul 9:56 pm

    cara menghiasnya gimana Yak……

  12. 12 tontowi Januari 6, 2009 pukul 9:00 am

    wah orang jepun itu terinspirasi pelmnya kali, trs pengen wisata tp dana mepet ya jd gak keluar2 bandara

  13. 13 Firdauus Oktober 31, 2011 pukul 8:00 pm

    Terima kasih sekali atas tulisan ini. Sangat menyentuh dan mengharukan. Sebuah tulisan/esai ternyata bia juga memanggil empati paling dalam pada diri seorang manusia. Sebuah tulisan dapat menguak sebuah sisi positif yang hampir dilupakan… Salam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: