Midnight oil di Kabinet Indonesia Bersatu

Kevin Rudd yang menjabat perdana menteri Australia menggantikan tokoh incumbent dari partai liberal, Jhon Howard, november lalu mengumuman susunan kabinetnya yang memiliki perhatian khusus pada pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Yang unik dari dari daftar nama menteri yang ditunjuk Kevin Rudd adalah masuknya nama Peter Garrett, bekas bintang rock midnight oil yang terkenal dengan lagunya beds are burning, menjadi Menteri Linkungan dan Budaya. Masuknya seorang rocker memberi warna tersendiri kabinet baru Australia. Tentu tugas besar pertama yang dihadapi mantan rocker ini adalah menyelesaikan masalah suku Aborigin yang dimarginalkan bukan menyanyi atau makan kepala kelelawar seperti Ozzie Osborne.

Di Indonesia Kabinet Indonesia Bersatu pun tidak kalah, meski tidak ada menteri yang bekas rocker setidaknya ada dua figur yang sudah menghasilkan beberapa album musik. Menteri dalam negeri Mardiyanto salah satunya, mantan gubernur Jawa Tengah ini bahkan berhasil memecahkan rekor MURI sebagai gubernur pertama yangmampu menyampaikan pokok pikiran, kebijakan, dan aspirasi yang dikemas dalam sebuah album rekaman seni musik. Sang menteri kini bahkan sudah merilis 5 album musik, 4 album ber-genre campur sari dan satu album lain berisi lagu-lagu perjuangan gubahan Ismail Marzuki .

Selain Mendagri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ternyata juga pernah membuat album. Album ini berisi sepuluh lagu-lagu hasil ciptaan beliau saat mengisi waktu luang tugas kenegaraan yang padat. Album yang bertajuk rinduku padamu ini dinyanyikan sejumlah artis top dan telah terjual 44.638 kopi setidaknya dalam versi asli karena pembajak Indonesia ternyata juga tidak pandang bulu dalam menjalankan profesinya dalam membajak.

Ditengah tugas yang segunung, Presiden ternyata masih sempat juga untuk berkarya. Salut buat SBY, semoga suatu saat bisa juga dapat double-platinum.

6 Tanggapan to “Midnight oil di Kabinet Indonesia Bersatu”


  1. 1 realylife Mei 1, 2008 pukul 3:02 pm

    mari bersatu demi kemajuan bangsa ini

  2. 2 petak Mei 2, 2008 pukul 10:39 am

    mari!
    salah satunya dengan menyanyi,,,

  3. 3 Oemar Bakrie Mei 3, 2008 pukul 3:08 pm

    Seingat saya Mentri ESDM Purnomo Yusgiantoro juga pernah mengeluarkan album dan dibagikan ke karyawan Dept. ESDM

    -Salam kenal-

  4. 4 petak Mei 3, 2008 pukul 8:44 pm

    Saya baru tahu juga nih pak,,
    Makasih masukannya ‘n salam kenal juga pak dari saya yang memang banyak belajar dari bapak,,

  5. 5 nindityo Mei 12, 2008 pukul 10:09 am

    kapan ya bisa bikin album…
    ato nunggu jadi pejabat dulu ?

  6. 6 petak Mei 12, 2008 pukul 3:45 pm

    Sepertinya kita harus duet kolaborasi ni om, biar ada produser yang tertarik…


Tinggalkan komentar